Hal-hal yang Membuat Bahagia Di Februari

hal yang membuat bahagia, wire grid


Hal-hal yang Membuat Bahagia di Februari


Akhir Januari lalu, beberapa area di rumah mengalami kerusakan. Mau tidak mau dengan terpaksa kami harus melakukan renovasi rumah. Bukan sebuah keputusan yang mudah karena ketika setuju melakukan perbaikan itu artinya mengijinkan orang lain masuk ke dalam area rumah. Apalagi di masa pandemi, rasanya riskan.

Jika terus ditunda, kok kayaknya makin nggak nyaman apalagi salah satu area yang terdampak adalah kamar saya dan kakak. Kamar tersebut menjadi lebih lembab, dindingnya mengelupas dan kadang mengeluarkan aroma khas jamur. Apalagi kakak perempuan sudah mulai batuk-batuk terus karena area kamarnya paling parah.

Sesungguh melakukan perbaikan rumah itu sungguh melelahkan. Rumah yang berantakan dan tabungan yang terkuras. Huft.

Selama renovasi kamar, saya mengungsi tidur di kamar Ibu sedangkan Kakak perempuan memilih mengungsi ke rumahnya. Alhasil semua kegiatan saya hanya berkutat di kamar dan kamar selama 24 jam. Tidak hanya saya sih, ortu juga bahkan ruang makan juga berpindah ke kamar. Segala panci, magic com bawa juga ke kamar. Mau keluar nggak bisa, rumah berantakan dan debu di mana. Memakai masker di dalam rumah pun dilakukan.

Baca juga:


Ternyata oh ternyata, masalah rumah mulai merembet kemana-mana. Tidak hanya kamar yang diperbaiki, tapi segala plafon dan asbes kudu dibuka. Penyebabnya adalah rayap. Hampir memenuhi seluruh rumah. Yang awalnya perkiraan renovasi hanya 2 minggu, lalu diperpanjang sudah kayak PSBB. Kata ortu sekalian saja rumahnya diperbaiki. Oh baiklah, mari kita tarik napas panjang.

Ada hari-hari di mana saya merasa jenuh karena hanya terbatas dalam kamar, belum lagi perbedaan pendapat sama ortu yang akhirnya bikin suasana memanas. Lantas, kami mulai tertawa ketika membandingkan diri sama orang yang lebih tidak beruntung dari kami, mengungsi karena rumahnya banjir. Pada akhirnya, kami harus belajar dengan kondisi begini.

Nggak hanya cerita sedih karena renovasi rumah, Februari ini sebenarnya ada banyak kebahagiaan kecil yang bisa dirasakan. Sesuatu yang sederhana, tapi bisa menaikkan mood di kala jenuh berada di kamar saja atau melihat kondisi rumah yang masih berantakan.


Main-Main ke Mitra 10 Untuk Beli Bahan Bangunan


Selama pandemi, saya belum berani main ke Mall, hanya sebatas minimarket saja sudah bikin bahagia. Paling nggak bisa keluar rumah, ketemu orang lain dan cuci mata.

Nah, berhubung ada banyak material yang harus dibeli. Yah, pada akhirnya kami harus ke supermarket bahan bangunan, kebetulan yang terdekat ya Mitra 10. Kali pertama ke sana, saya kayak orang linglung. Nggak pernah lihat banyak orang dan banyak lampu-lampu, eh saya malah pusing. Badan kok rasanya sakit semua, psikosomatis begitulah. Sampai saya bilang sama ortu untuk segera cabut kalau urusan sudah kelar. Sampai rumah demam dong.

Giliran kedua kalinya ke sana. Sudah mulai terbiasa, saya sih senang walaupun hanya melihat keramik, semen, dll. Setidaknya bisa keluar rumah dan ketemu banyak orang. Jadi, kalau diajak ortu ke sini lagi saya nggak nolak.


Kamar Selesai Di Renovasi


working space
Penampakan kamar setelah renovasi

Hal yang paling membahagiakan buat saya di bulan Februari, akhirnya renovasi kamar selesai juga. Yay, akhirnya saya sudah mulai bisa menata barang-barang di dalam kamar. Meski belum sepenuhnya rapi, setidaknya bisa menjadi tempat saya di siang hari entah untuk menulis blog, membaca buku, memotret dan menonton drakor. Biar nggak bosan hanya di kamar ibu saja.

Saya jadi lebih bersemangat menjalani hari.

Dapat Beberapa Pekerjaan dari Blog


Di tengah kejenuhan renovasi rumah, alhamdulillah masih dikasih rezeki sama Allah. Dapat beberapa email penawaran buat blog setelah bulan sebelumnya sepi kayak di sawah, hanya terdengar suara Jangkrik. Krik….krik

Meski saat mengerjakan kudu usaha karena menulis di antara tumpukan barang di kamar ortu. Ya itu sebuah kebahagiaan yang rasanya tidak tergantikan. Nggak hanya pekerjaan dari blog, saya juga sudah bisa membuat konten foto/video di dalam kamar lagi. Yay. so happy.

Biar kata Februari hari saya tidak penuh cinta, tapi ada banyak perasaan bahagia yang menyelimuti. Tentu saja semuanya dalam keadaan sehat, itu rasanya lebih penting dari apapun.


Bagaimana Februarimu?


19 komentar

  1. Hai mbak Swastikha... Seneng ya akhirnya rumah bisa sepenuhnya ditempati lagi tanpa harus berbagi ruang dengan pekerjaan renovasi yang belum beres. Wah saya tahu betul itu rasanya ketika harus umpel-umpelan beraktivitas di kamar mertua ketika kami perlu renovasi kerangka atap bangunan dapur kami yang juga menjadi lokasi dimana kamar-kamar saya, suami dan anak-anak berada. Syukur karena bangunan rumah di Bali agak terpisah-pisah jadi kami nggak berkutat dengan banyak debu pertukangan, sih.

    Ah seneng banget dapat tawaran job untuk blog. Selamat ya mbak! Selamat menunaikan jobnya dan semoga lancar. Februari saya baik-baik dan menyenangkan juga!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba intan terima kasih sudah membaca tulisan saya. Iya renovasi rumah selain capek fisik juga lelah dengan psikis, alhamdulilah ini satu per satu sudah mulai beres.

      Selamat menikmati kebahagiaan

      Hapus
  2. Salam kenal kak Tika,

    Pandemi ini memang benar-benar nyusahin yak? Ha ha ha. Saya aja, baru dua kali main ke Mall sejak pandemi. Pertama karena nyari buku dan yang kedua karena diajak teman untuk nyari buku juga. Soalnya Gramed kan adanya cuma di Mall. Mau tidak mau yah harus ke Mall.

    Syukurlah kalau rumah kak Tika sudah beres. Saya juga pernah ngerasain rumah di renovasi. Mesti tidur di rumah Om dan Ibu yang harus ngontrak. Untuk pada saat itu belum pandemi, jadi situasinya tidak sepelik sekarang. Alhamdulillah kalau dari blog kak Tika sudah dapat rejeki lagi bulan ini. Kalau saya alhamdulillah bulan ini juga banyak rejeki. Terutama bisa sehat dan dikelilingi teman-teman yang menyenangkan. Bisa kelar semester 5 dengan baik. Itu sudah lebih dari cukup

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi mas Rahul, salam kenal juga.

      Terima kasih sudha mampir dan membaca tulisan saya.

      Selama pandemi saya nggak berani ke tempat-tempat ramai dengan AC sentral kecuali indomaret,dll. Mangkanya agak linglung pas ke mitra kali pertama.

      Alhamdulillah, semoga kuliah mas rahul lekas beres ya

      Hapus
  3. Yayyyy, ikut happy bacanya, setelah bersabar sebulan karena harus menghadapi debu yang nggak banget, finally kamar mba selesai direnovasi dan sekarang looks good, yaaaa 😍

    By the way kita sama mba, dari dulu, salah satu kesukaan saya adalah pergi ke toko bangunan seperti Mitra 10, Depo, dan sejenisnya, plus toko perintilan rumah such as Informa, Ikea, Ace Hardware, endeblabla. Entah kenapa, kalau sudah sampai sana, mau keliling satu jam pun nggak berasa. Tau-tau sampai rumah, betis rasanya sudah pegal 😂 huehehehehe.

    Eniho, selamat atas tawaran pekerjaan untuk blog yang mba Swastikha dapatkan. Semoga bisa berjalan lancar, dan menghasilkan lebih banyak dari bulan-bulan sebelumnya. Semangat, mba 🥳🎉

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mba eno sudah mampir. Iya, happy banget pas kamar sudah boleh dimasukin barang-barang. Mood langsung naik drastis.

      Aku hobi banget masuk ke ace hadware, mr. Diy. Berhubung di sini nggak ada ikea, jadi nggak tahu deh kayak apa.

      Terima kasih doanya mba. Semoga mba eno dilimpahkan banyak rejeki juga. Amin

      Hapus
  4. Salam kenal kak Tika.

    Renovasi kamar Alhamdulillah akhirnya selesai ya mbak, jadinya bisa mulai menata barang barang di kamar. Semoga setelah di renovasi jadi semangat karena suasana kamarnya beda.

    Senang juga bisa jalan jalan keluar rumah sejenak untuk cuci mata, di rumah terus juga bosan ya mbak, yang penting pakai masker dan jaga jarak.🙂

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal kak agus, terima kasih sudah mampir ke blog. Saya jadi lebih happy ketika kamar selesai karena tidak ada yang senyaman dengan kamar sendiri.

      iya mulai berani beraktivitas dengan banyak orang tentunya dengan prokes

      Hapus
  5. Halo mba Tika salam kenal, alhamdulillah rumahnya sudah selesai direnovasi. Aku jadi keinget sama kejadian waktu aku masih SD, yang rumah ortu baru dibangun, ya ampun tidurnya sampai satu kamar berbanyak orang dan tentu banyak nyamuk karena beberapa area masih terbuka huhu. Btw itu meja kamarnya rapi banget🤩

    Selamat atas pekerjaan blog yang mampir ke mba Tika, semoga lancar sampai selesai🌸

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi mba endah, salam kenal. Alhamdulillah renovasi perlahan mulai selesai di beberapa area terutama kamar. makasih mba, ini memang sengaja dibikin rapi biat moodnya balik.

      Amin. semoga mba endah dapat banyak rejeki juga. Amin

      Hapus
  6. Salam kenal Mbak Tika

    Semoga setelah renovasi hari-harinya semakin menyenangkan, dan selamat atas kerjaan blognya. Sukses selalu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mba pipit, terima kasih sudah mampir. semoga kebahagiaannya menular

      Hapus
  7. Alhamdulillah ya Mbak rumah bisa direnovasi, aku juga kudu agendakan nih perbaikan beberapa pintu dan jendela di rumah. Nunggu ada doku, hehe. Masalahnya sama sih, rayap dan totor kalau dalam bahasa orang sini. Biar kamarnya kondusif kayak punya Mbak Tika, jadi semangat menulis/ngeblog. Aku malah menurun job di blog selama Februari ini, Mbak. Biasanya sampai kewalahan nulis, ya bergiliran keknya--namanya juga rezeki ya. Yang penting ada, yang penting optimis. Sama menyibukkan diri berkebun :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. musim hujan rayap di mana-mana ditambah korban dari tetangga sebelah yang punya kolam renang mas. Dampaknya ke rumah deh. Alhamdulillah mas, ini juga agak sepi, tapi disyukuri. Sama ALlah disuruh cari kesibukan lainnya. Semoga kebahagiannya menular

      Hapus
  8. Selalu ada yang pertama kali ya. Waktu saya pertama kali ke luar dan mencoba ke mini market juga rasanya deg2an terus. Sekarang setelah bolak balik ke luar rasanya sudah lebih santai, tentu tetap dg prokes ya. Masker dan hand sanitizer selalu tiap abis pegang-pegang 🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha iya mba, dulu aku tiap kali ke luar rumah kok rasanua demam. Sekarang lama-lama sudah mulai terbiasa deh.

      Hapus
  9. Emang kalau sedang renovasi rumah itu ribet ya, rumah jadi berantakan dan kotor. Tapi itu sebuah proses yang harus kita lalui ya Mbak demi rumah yang lebih nyaman.
    Di Malang baru ada Mitra 10 tapi aku belum sempat ke sana.

    BalasHapus
  10. Yeayyy bahagia itu sederhana ya mbaaa
    Aku jg hepiii kalo k ace hardware informa dll

    BalasHapus
  11. bahagia ku di bulan Februari adalah saat imlek! walaupun di rumah aja tapi tetap merasakan kehangatan dari family gathering :D

    BalasHapus


EmoticonEmoticon